Kenapa Kita Ga Cetak Uang Sebanyak Banyaknya ?



Pernah ga sih kepikiran kan uang itu bisa di cetak oleh negara, kenapa negara ga bikin uang aja sebanyak banyaknya lalu dibagiin gitu ke rakyat miskin, ternyata ini jawabanya :

Menurut peneltian bank dunai tahun 2015 sekitar 100 juta jiwa penduduk indonesia hanya memiliki penghasilan rata rata hanya Rp. 330.000 perbulan, lalu kenapa negara kita ga bikin uang aja sebanyak-banyaknya dan digabiin aja ke yang penghasilannya sedikit tadi.

Baca Juga : Di Kerjain Tokopedia LAGI..

Ternyata kalo negara cetak uang sebanyak banyaknya bisa menaikan harga barang dan mengurangi nilai ung itu sendiri atau yang disebut dengan INFLASI, jadi dalam pasar suatu negara jumlah barang dan jumlah uang harus seimbang, kalo negara mencetak terlalu banyak uang artinya kita mempunyai uang yang lebih banyak dan membuat kemampuan membeli barang semakin tinggi akibatnya jumlah barang yang ingin kita beli berkurang jadi harganya menyesuaikan, harga akan terasa semakin mahal karena nilai uang nya semakin menurun akibat terlalu banyak uang beredar.

Beberapa negara pernah terjebak dalam inflasi yang parah akibat terlalu banyak mencetak uang, salah satunya adalah negara Jerman, setelah kalah pada perang dunia pertama harus membayar kerugian perang, saking ga berharganya uang disana pada waktu uang dipakai buat mainan bahkan menyalakan kompor bahkan dibuat sebagai pelapis dinding atau sekarang sering disebut wallpaper.

Dan inflasi yang paling terkenal saat ini adalah negara Zimbabwe bayangin aja disana harga sebutir telur mencapai milyaran dolar zimbabwe, dan ada juga negara Hungaria setelah perang dunia ke dua pernah mempunyai nominal uang kertas sebesar satu milyard triliun, hmmm berapa ya nol nya mungkin = 1.000.000.000.000.000.000.000, wkwkw panjang banget ini adalah inflasi paling besar sepanjang sejarah yang pernah tercatat.

Baca Juga : Tidak Kaya Itu Lumrah, Tidak Bahagia Itu Parah

Jadi jangan sampai kepikiran buat nyetak uang sendirinya, karena selain bikin inflasi, kalo nyetak sendiri pake printer itu kejahatan, dan juga sayang aja tintanya, hehehe.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Kenapa Kita Ga Cetak Uang Sebanyak Banyaknya ? "

Posting Komentar