Penemu Sop Buah



Kalo sekarang ditanya sop buah hampir semua orang pasti sudah tahu, tapi kalo tahun 2004 atau 2005 mungkin aneh dengan nama sop buah, lebih terkenal dengan nama es campur, sedangkan nama sop lebih khas dengan nama sayur kuah lauk makan nasi.

Tapi siapa sebenernya penemu sop buah, jelas untuk menemukan jawabannya sangat sulit, tapi saya punya jawaban tersendiri yang akan saya ceritakan detail di postingan kali ini, waktu itu tahun 2006 bulan nya saya udah lupa ketika saya merantau ke sebuah kota yang akhirnya jadi tempat tinggal saya sekarang ; Cianjur, sop buah menurut saya di temukan pertama kali di Cianjur.

Jadi begini pada suatu siang tahun 2006 di Cianjur kebetulan waktu itu saya ceritanya sedang jadi atlet yang memperkuat kab.Cianjur, setelah latihan saya memerlukan beberapa kebutuhan dan harus ke toko terdekat, lalu saya melihat seorang bapak paruh baya lagi kesulitan mendorong gerobak melewati polisi tidur di sebuah jalan kecil, maka saya bantu untuk melewatinya sampai ke pinggir jalan besar, gerobaknya rapih dan bagus penuh dengan buah buahan saya ga ngeh sampai gerobak tersebut sampai di pingir terotoar saya baru sadar dan membaca tulisan di gerobak " SOP BUAH SEGAR".

Sambil jalan ke toko saya masih memikirkan tulisan di kaca gerobak " Sop Buah Segar", maklum pada waktu itu nama sop dengan buah merupakan dua nama yang ga nyambung, setelah pulang dari toko penasara juga, akhirnya saya coba beli, awalnya sih dikira mirip sama es campur, tapi pas pesan tempatnya di mangkok mie ayam gitu, buah buahannya banyak banget di atasnya pake es yang di serut di lumuri sama susu dan madu, rasanya seger banget secara siang siang, itulah pertama kalinya saya melihat sop buah dan mersakan sop buah.

Sambil makan sop buah yang di bandrol 6rb rb rupiah saya ngobrol sama bapak penjualnya, dan dia bilang hari itu waktu pertama kali dagang, tadinya jualan mie ayam, cuman saya ga nanya kenapa namanya sop buah, entahlah si bapak nemu ide dari mana untuk nama dagangannya secara tahun 2006 internet belum booming seprti sekarang ini.

Setelah event olah raga yang saya ikuti beres maka saya kembalu ke tempat kelahiran saya di Bandung, saya sempet beberpa kali liat sop buah si bapak masuk liputan di TV, buat kalian yang tinggal di Cianjur jalan kecil yang saya maksud adalah sebuah jalan di antara bale Rancage, dan s ibapak ini dulu nya jualan di trotoar deket pertigaan polsek sebrang bale Rancage, ada kantor distu cuman saya lupa nama kantornya apa.

Sekarang penjual sop buah ada di mana mana, sayang nya saya cari ke tempat awal ketemu si bapak sekarang udah ga jualan entah ke mana, terakhir saya makan sop buah ini kalo ga salah tahun 2008 tempat si bapak pindah ke belokan yang mau ke stadion badak putih.

Jadi kalo menurut saya penemu sop buah adalah si bapak ini, yang entah siapa namanya saya cari cari di youtube video liputannya juga ga ada, mudah mudahan ada sobat yang tau bisa komen di bawah posting ini.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to " Penemu Sop Buah "

  1. Mungkin bukan Bpk itu...krn tahun 2001 Sop Buah sdh hadir dikotaku.Klaten..
    Saat itu harganya 3000 rupiah

    BalasHapus